Pelantikan dan RAKER Komite Sekolah Dasar Islam Terpadu Qurrota A'yun Abepura

Sabtu, 20 Februari 2021 Berlokasi di halaman utama Sekolah Islam Terpadu Qurrota A’yun Abepura. Kegiatan berlangsung dengan hikmat diawali pembacaan Al-Qur’an oleh ananda Angga Salih, salah satu santri kelas 9 Pondok Tahfidz Papua Madani.

Mewakili ketua Yayasan Al Barakah, direktur pendidikan Sekolah Islam Terpadu Qurrota A’yun Abepura, Dr. Komari, Ed mengawali sambutanya dengan mengajak hadirin untuk banyak bersyukur kepada Allah dan sholawat salam kepada baginda Nabi SAW. Ditegaskan bahwa Komite Sekolah memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan pendidikan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Qurrota A’yun Abepura. Oleh karena itu, ia mengajak agar pengurus komite yang baru dilantik agar lebih meningkatkan sinerginya dalam melaksanakan 4 peran utamanya, yakni sebagai lembaga pemberi pertimbangan dan masukan (advisory agency), sebagai lembaga pendukung program-program Sekolah Dasar Islam Terpadu Qurrota A’yun Abepura (supporting agency), sebagai lembaga kontrol (controlling agency) dan sebagai Lembaga mediasi (mediation agency).

Dengan demikian diharapkan mutu Sekolah Dasar Islam Terpadu Qurrota A’yun Abepura dapat melampaui mutu pendidikan yang telah dicanangkan oleh pemerintah, karena Sekolah Dasar Islam Terpadu Qurrota A’yun memiliki muatan lokal dan metode/pendekatan yang tidak dimiliki oleh sekolah lain sehingga Sekolah Dasar Islam Terpadu Qurrota A’yun memiliki keunggulan komparatif maupun keunggulan kompetitif.

Lebih lanjut Doktor Pendidikan lulusan Australia bidang pembelajaran Bahasa Inggris, yang kesehariannya sebagai dosen tetap Sastra Inggris di Universitas Sains dan Teknologi Jayapura ini, menyampaikan bahwa saat ini ada 4 program dan kebijakan yang saat ini sedang serius dilakukan di SIT QtA, yaitu: 1) Peningkatan Profesionalisme dan Mutu Guru melalui program one-year teacher development (OYTD).
2) Gerakan Wakaf Pendidikan (GWP) SIT QtA.
3) Implemetasi Sistem Informasi Pendidikan (SIP-SIT QtA) berbasis computer dan internet yang sudah mulai dilakukan uji coba, dan
4) Pengurangan biaya pendidikan bagi alumni SIT QtA, alumni di luar SIT QtA dari 1 keluarga yang memiliki lebih dari 1 siswa yang hendak melanjutkan ke SIT QtA dan pembebasan biaya bagi siswa berasrama dengan program utamanya tahfidz Al-Quran.

Ditambhkan bahwa implementasi SIP yang bekerja sama dengan pihak perbankan (BSM/I), diharapkan dapat membantu segala proses pendidikan dan transaksi keuangan baik yang dilakukan oleh guru, siswa, orang tua dan unsur pimpinan lebih mudah, efektif, efisien dan akurat.

Sambutan selanjutnya, yang berupa penjelasan lebih operasional disampaikan oleh ketua komite terpilih bapak Ridwan Atmojo.

Dengan tetap mematuhi protocol kesehatan, kegiatan berlangsung lancar dan diakhiri dengan doa dan foto bersama pengurus komite sekolah.

Semoga Allah mudahkan urusan-urusan kita, memberi taufik dan hidayah dalam kerja-kerja kolektif kita. Dan kepada Allah juga kita berserah diri dalam pertimbangan, arahan, dukungan serta pengawasan dalam pelaksanaan proses pendidikan